What kind of things u've lookin for on internet ?

30 Mar 2009

Lembur Bawang Merah

Yeah, gw posting lagi sodara-sodara...



setelah sekian hari gw absen karena masalah seseorang yang ga sudi gw sebut-sebut di blog ini. okeh, untuk meminimalisir acara caci mencaci dan maki memaki yang entah kenapa sekarang udah jadi salah satu keahlian gw, mending gw mikir, apa yang mo gw critain di blog gw sekarang.



Nah, ini tentang nenek gw, selama beberapa hari belakangan ini kan di maumere sedang langka bawang merah, jadi, nenek gw yang gaul abis en sama-sama keren mampus kea gw pun mulai menyetok bawang merah di rumah gw. Pada awalnya gw sih senang-senang saja, coz kalo lagi banyak duit, nenek gw tuh jadi baeee banget, gw mo beli jepitan jemuran, dibeliin, mo beli kemoceng, dibeliin, giliran gw mo beli mobil aja ga dikasih, hohoho...



Jadi, begitulah... hari pertama, bawang yang datang sekitar 4 ton. Bawang merah itu masih ada daunnya gituh, belom diguntingin, jadi mesti digantung di rak bambu gudang yang ada di belakang rumah (tapi masih di dalam rumah gituh, di rumah banyak gudang sih...). eh, baru datang paginya, sore udah tandas, orang-orang juga pada beli pake daun sih...

Hari kedua datang lagi 6 ton, soalnya nenek gw pikir 2 tin kemarin kan kurang, jadi do'i beloi banyakan dikit... akhirnya gudang belakang penuh, sampe terpaksa ditaroh jadi satu di gudang bawang putih. ini juga habis cuma dalam waktu 2 hari.



Hari ketiga nenek gw nekat beli sampe 12 ton dengan maksud biar bisa tahan sampe seminggu, kalo tiap hari beli terus kan berat di ongkos, maklum, sewa mobil di maumere itu mahal. Satu karung 20.000 bayangin dah kalo 1 ton 20 karung, berapa ongkossss? makanya nenek gw nekat ambil 12 ton karena perhitungan ongkos.



Sialnya, 12 ton itu ga muat ditampung di gudang-gudang rumah gw, walhasil, kamar-kamar di rumah utama juga diisi bawang !!! termasuk kamar gw!!! Begimana gw ga protes? bawang itu masih basah, yah... lembab gituh, trus masih ada daunnya lagi. bayangin dong.... tapi, perdebatan gw sama nenek gw yang gaulnya ga ketolongan itu gak bisa gw menangin. akhirnya, gw hanya bisa pasrah menerima kenyataan bahwa kamar gw juga harus menampung bawang merah itu.



So, setelah hampir seharian gw memikirkan cara untuk menyingkirkan mereka dari kamar gw, baru sore gw dapatin caranya....

Gw langsung kumpulin anggota pekerja di rumah gw. halah, cuma 7 orang kok. Nah, gw kumpulin mereka untuk rapat darurat di samping w.c pekerja.



"Woy, sodara-sodari" Gw memulai rapat. maklum aja yah, rapat ala bar-bar gituh...

"Saya mo kasi pengumuman penting buat kalian"



"pengumuman apa lai? dari tadi oto-oto su pi bola-bale pengumuman kampanye, ini mbak mo pi kampanye apa lai?" supir gw nerocos. oke, gw punya supir tapi ga punya mobil. dulu punya, sekarang nggak, dan itu bukan gara-gara gw juga. salah itu mobil, ngapain nyungsep ke kali mati. padahal waktu itu gw lagi cari pedal remnya di mana. masih untung juga gw ga mati.



"Weh, diam. sa blom selesei ngomong... gini, ada pekerjaan rahasia !" kata gw

"pekerjaan rahasia? ai... ni pasti mo suru kita pi bekin aneh-aneh deng ibu, kita termau lai, yang trakir tu kita su hampir orang pecat gara-gara pi kasimasuk belut di kamar mandi. kita termau lagi" supir gw tetep nerocos,

"bukan ituuuu.... sa lagi gencatan senjata tau tidak? gini... sa mo minta kalian kasi pindah bawang merah di sa pu kamar itu ke gudang belakang."

"tapi gudang belakang su penuh te... terbisa muat lagi apa-apa." ini pembokat cowo gw yang ngomong.

"itulah, sa minta kalian kasi pindah di luar gudang sa terpapa, yang penting mama tua ter tau to !"

"ai... kami termau, nanti orang bilang kami mo pi curi ka apa... terada, kami termau" trus pembokat cewe gw menimpali.

"nanti sakasi uang rokok" gw mulai membujuk.

"hiii, tapi kami tida rokok di," ini pembokat cewe gw yang satu lagi yang angkat suara.

"yaudah, gw kasi uang sabun !" gw masih ngebujuk.

tapi supir gw tetep nyolot kalo mereka kebal sogokan. rupanya mereka lebih takut sama nenek gw, buktinya aja sogokan gw ditolak. yah... nasib... maka gw nyerah deh.

Eh.... baru mikir buat nyerah, nenek gw sendiri yang tanpa sadar ngasih solusi buat gw. Pas maghriban gitu dia manggil anak-anak kerja sebelum dia sholat maghrib dan emang biasanya dia duluan baru gw, ga jamaahan, katanya mesti gantian jaga depan. Nah, dia nyuruh anak-anak lembur gunting bawang karena besok ada pesanan bawang merah bersih 500kg. ting-tong... ada ide muncul di kepala gw. kenapa ga gw manfaatin aja situasi ini? di kamar gw, bawang nya kira-kira 700an kg gituh, kalo digunting 500kg, sisanya bisa ditaro di petak gunting alias area buat ngegunting itu kan? Yap, rencana sudah tersusun rapi, gw siap menjalankannya.

Pas nenek gw masuk ke mushola, gw langsung mengarahkan anak-anak buat ngambil bawangnya di kamar gw, gw suruh keluarin semua, gw bilang sama mereka, bawang itu memang sekitar 500an. Setelah mengontrol mereka yang menggiring bawang gw keluar dari kamar dan memastikan semua berjalan lancar, gw duduk nyantei adem ayem tanpa beban menunggu nenek gw keluar.

Tapi memang gw kagak boleh curang, nenek gw tau apa yang gw lakukan, dan.... pas gw keluar dari mushola setelah sholat maghrib, gw kaget banget pas dia nyudutin gw dengan tuduhan yang memang gw lakukan. Akhirnya dia nyuruh gw ikutan lembur juga. katanya gw mesti ngegunting bawang sisanya. bujug busettt... itu kan 200an kilooo...? serius looo? tapi sekali lagi gw gagal memenangkan perdebatan itu. dan gw dengan lebaynya ikutan rombongan lembur bawang yang bernasib begadang dengan tragis. untung aja tangan gw yang memar-memar gara-gara pegang gunting ini udah sembuh, kemarin mau posting, tapi tangan gw masih akittt... ngetik aja sakit, apalagi buat garuk ketek?

Yosh... senangnya kelebayan udah berlalu... huhuhu...

2 komentar:

  1. btw, kalo ngegunting bawang merah perih ga mata? secara kalo ngupas bawang gw mpe nangis-nangis. T__T

    BalasHapus

Mau kasi komentar? serius lo ? yaudah deh, monggoooo...