What kind of things u've lookin for on internet ?

22 Mar 2009

Orang Maumere dan Orang Jawa.

Ini ceritanya pas gw lagi lari pagi. biasanya kalo gw bangunnya rada pagi n ada mood buat olahraga, gw suka lari pagi bareng guguk tetangga, cuman, guguknya baek banget, gw disuruh lari duluan, ntar dia ngikut dari belakang, kadang gw finishnya di atas pohon, di atas pager, kadang bisa finish di kolam kodok juga gw.

Nah, entah kenapa, guguk langganan gw itu tadi pagi kagak nongol, sehingga gw jadi bisa lari pagi dengan santai dan lebay. terus, biasanya, gw itu kan kalo lari biasanya nongkrongnya di samping warung Om Don itu warung lumayan unik, di situ jual barang-barang yang kagak jelas di samping kebutuhan pokok, selain itu, om don si pemilik itu rada budegwalopun ga budeg-budeg amat....

Maka, dengan gaya bak pelari marathon yang baru mencapai garis finish, gw lari dengan penuh semangat 67, napas ngos-ngosan, lidah melet-melet kagak jelas, gw beli minum di warung itu. sambilduduk ngaso, gw ngeliatin orang-orang yang lalu-lalang dan belanja di sana. pas, waktu itu ada ibu-ibu, gw belom pernah liat dia sebelumnya, kalo dari tampangnya sih kayaknya orang jawa kalo bukan makasar, mungkin orang baru pindah kali, ah, gw peratiin aja.

Ibu: kulonuwooon... maaas.... tumbaaaas....
(tuh kan, benar, dia orang jawa.)
Om Don: Apa? ko bilang sa pu anak dion beking orang tempias ?
(apa? kamu bilang anakku dion bikin orang tempias/terlempar)
Ibu: lho? sopo to seng ape tuku sapu ?
om don : sa bilang, ko tadi bilang sa pu anak dion beking orang tempias di mana?
Ibu: lha mangkane, sopo seng ngomong arep tuku sapu ? ndak perduli sapu seng merek e dion iku kualitet e iso ngempisno uwong, esun iki arep tuku korek api, kanggo masak.
om don: hah? di rumah baba mengke ? orang pukul dia pake sapu? mereka ter peduli dion sampe kambang kempis? trus baba sun mo bakar dia deng korek api sampe dia masak ? p*k*m*i, G*o *m*t, l*s*dorang pu u*i tu!

tau-tau om don udah jalan gitu aja ninggalin ibu-ibu tadi yang kebingungan sama om don. sebenarnya gw mau menjelaskan dan meluruskan masalah. itu tadi kan cuma gara-gara salah paham berbahasa aja. tapi berhubung gw lagi capek banget, jadi gw tetep aja ngaso. cuman, pas gw liat istrinya om don nongol buat ngelayanin iibu-ibu tadi, gw bilang sama ibu itu supaya ga usah ngomong banyak-banyak biar ga bingung. cukup bilang "korek api" aja. dan untungnya si ibu tadi ikutin saran gw buat ngomong begitu sama istrinya om don.

setelah gw udah cukup segar untuk melanjutkan berlari pulang, gw sempetin bilang ke istrinya om don tentang kesalahpahaman itu. yah, semoga dia bisa kasi pengertian ke suaminya. aduuuh... mana kaki pegel, heran deh, giliran gw lari bareng si guguk, rasanya seger, tapi kalo guguk ga ada kok rasanya kurang asik ya? besok cari tau tentang si guguk ah....

1 komentar:

  1. Si guguk ngambek kali. Elu kan sekarang lebih perhatian ke piaraan baru lu. Blog ini. Hahaha.

    BalasHapus

Mau kasi komentar? serius lo ? yaudah deh, monggoooo...