What kind of things u've lookin for on internet ?

23 Mar 2009

Si Guguk yang Malang.

Begitulah, akhirnya untuk mengobati rasa penasaran gw sama si guguk yang hampir setiap hari setia menemani gw lari-larian, gw memutuskan untuk mengunjungi si guguk di rumahnya. Gw yang sudah berkali-kali nonton pelem anjing-anjig cerdiknya disney, langsung tau apa yang si guguk mau sebagai oleh-oleh dari gw. Segera aja, sebelum si guguk SMS gw tentang bingkisan apa yang dia mau, gw langsung ngebungkus tulang sapi yang gw dapat dari tempat sampah dapur gw, gw juga bawa biskuit roma sisa lebaran tahun lalu.

Sambil mengendap-endap bawa barang selundupan, gw langsung meluncur menuju rumah si guguk. Di tengah jalan, gw sempat tergoda untuk beli racun tikus. Tapi, gw mengurungkan niat tidak terpuji itu, karena gw sadar, si guguk itu kan anjing, jadi... ngapain juga gw kasi racun tikus?

Rumah si guguk semakin dekat, hati gw sudah berdebar-debar, gw udah tau apa yang harus gw lakukan :
step 1 >> mengamati kondisi dengan cara ngintip dari pagar.
step 2 >> kalo si guguk lagi di lepas dan kelihatan kenapa-kenapa, deketin dia.
step 3 >> kalo si guguk lagi diiket, deketin, kasi oleh-oleh terus belai-belai dalam jarak yang aman.
step 4 >> kalo si guguk lagi dilepas dan kelihatan tidak kenapa-kenapa, mendingan lemparin oleh-olehnya terus kabur...

Tapi, pas gw intip ke dalam lewat celah di pagar, gw lihat ga ada si guguk di sana. Jangankan si guguk, pemilik rumahnya aja ga ada. Gw jadi penasaran. Apa yang sebenarnya terjadi dengan si guguk? tidak biasanya dia ngumpet, biasanya, gw baru muncul dari tikungan dia udah nguber gw sampe gw kesangkut di pager rumah yang ada di perempatan. Dan kali ini, dia hilang???

Okelah kalo dia ga mau ketemu gw, gw ngerti kalo si guguk lagi ga mood main kejar-kejaran, tapi paling nggak dia nongol kek, masa di rumahnya sendiri aja dia ga ada, pemiliknya juga ga ada... gw jadi tambah penasaran, apalagi ga ada tetangga yang bisa gw tanya-tanyain. Maklum, tadi gw datangnya siang, pas orang-orang pada bobok gitu, makanya kagak ada yang berkeliaran di sana.

Dengan langkah gontai gw berjalan pulang sambil menenteng oleh-oleh yang tadi gw bawa dari rumah buat si guguk. Di tengah jalan gw papasan sama temen gw yang empunya guguk.
"Woy... edward, engko dari mana? " (woy, edward dari mana lu ?) tanya gw dengan senyum terulas dan hidung kembang-kempis. maklum, edward itu jarang mandi sodara-sodara, jadi kalo deket-deket dia, mesti jaga jarak kalo ga mau pengsan.

"abis pi main bola" (habis main bola) jawabnya sambil ngangkat kedua tangannya, membuka keteknya hingga bau terasi dibakar itu semakin mennguar ke udara di sekitar kami.

"eh, kopunya guguk di mana? tadi sa lewat di depan ko pu rumah, tapi sa terada liat itu guguk."
(eh, gugukmu di mana? tadi gw lewat depan rumah lo tapi gw kagak liat si guguk) tanya gw sambil tanpa malu-malu nutup hidung.

"oh... kevin.. jelas ko terbisa liat dia lagi, dia su mati ba'a di... ko ter tau ka? kemarin kevin oto tabrak di perempatan." (oh... si kevin, jelas ajalah lu kagak bisa liat dia lagi , dia udah mati, masa lu kagak tau? kemaren kan kevin ditabrak mobil di perempatan) jawab edward tanpa merasa risih gw nutup idung dan ngebuka keteknya makin lebar.

Jegeeer.......! Bagai peluru meriam menyambar di siang bolong, gw shock mendengar berita itu ! ternyata si guguk mati ketabrak mobil ! gw ga nyangka, bener-bene ga nyangka!

"ui... rame ngeri, orang bilang de pu badan oto box gilas, sa pu bapa sampe marah-marah ngeri dengan itu orang yang punya oto" (wih, rame banget, kata orang badannya di gilas mobil box, bokap gw sampe ngamuk-ngamuk sama orang yang nabrak) lanjutnya lagi tanpa gw minta, dan tentu saja, masih tetap buka ketek.

"trus, dia di mana sekarang? ko pi kubur dia dimana?" (trus, dimana si guguk sekarang? lu ngubur si guguk di mana?) tanya gw lagi, kali ini tanpa berusaha nutupin idung.

"kubur? kubur apa? kami lepeng dia rame-rame to! buat apa anjing pake ko kubur-kubur? pi lepeng sa, lebi aman..." (kubur? kubur apaan? kami makan rame-rame lah... ngapain anjing aja pake di kubur-kubur, di makan aja, lebih aman...) jawabnya, kali ini udah nurunin tangan sehingga bau keteknya mulai berkurang.

Astajib... gw shock berat. Gw ga nyangka si guguk yang biasa nguber-nguber dan ngerecokin gw udah mati, malah dimakan rame-rame lagi mayatnya... saking shocknya, gw malah mengulurkan kresek berisi oleh-oleh untuk si guguk yang berupa biskuit dan tulang itu kepada Edward. Edward juga langsung menerimanya.

"apa ni?"
"oleh-oleh buat guguk"
"ih... tulang,buat apa? sa terbisa makan!" (ih, tulang kan ga bisa gw makan)
"naaah... kalo biskuit baru sa bisa makan..."

Terus, tanpa banyak cingcong dia langsung makan biskuit itu sebelum gw bisa menjelaskan kalo itu biskuit kadaluarsa. Gw masih berdiri terbengong bego karena shock, sementara edward terus memakan biskuit itu tanpa menyadari kekadaluwarsaannya. Gw baru sadar setelah edward berjalan pulang sambil tetap membawa biskuit itu. Dan gw ga ada niat buat ngasih tau dia. Gw sebel sama dia, kenapa dia tampak tenang-tenang aja menceritakan tentang si guguk yang ketabrak mobil, bahkan sampe menyantap mayatnya... gw ga habis pikir... oh, kasiha kau, guguk yang malang...

2 komentar:

  1. Gile lu! Ngasih biskuit kadaluarsa? Kalo si Edward nyusul si guguk gimana?
    *panik*
    *jah, ngapain juga mesti panik?*
    *oke, gue ngupil aja deh*

    BalasHapus
  2. Maap dobel post.
    Apdet dong, Buk. Udah 5 hari ga diapdet. Sibuk y?

    BalasHapus

Mau kasi komentar? serius lo ? yaudah deh, monggoooo...